Senin, 31 Oktober 2016

GAS SEPARATOR UNIT (GSU) dan MANIFOLD

Delapan Sumur (KTB-01, KTB-02, KTB-03, KTB-04, KTB-06, KDL-1, RBT-01A dan RBT-02) disediakan untuk memasok Feed gas menuju Manifold inlet secara kontinu.tersedia dua Manifold inlet yaitu Manifold production dan Manifold untuk kebutuhan tes (test Manifold). Dalam kondisi normal, feed gas mengalir dari sumur menuju Manifold produksi. Setiap jalur pipa dari sumur juga terhubung ke test masnifold yang selanjutnya terubung ke HP Separator (D-0102) untuk keperluan pengujian.


Berikut deskripsi proses pengolahanya :
  1. Feed gas dari Manifold produksi dialirkan menuju 3 fase Separator horizontal (D-0101) untuk pemisahan awal. Air-gas dan kondensat dipisahkan dibejana ini. HP Separator menggunakan coalescing packed untuk mendapatkan efisiensi pemisahan Antara minyak dengan air yang tinggi.
  2. Gas dari HP Separator didinginkan menggunakan inlet Cooler (E-0101) sebelum dalirkan ke HP Scrubber (D-0103).
  3. Didalam HP Scrubber kandungan cairan yang terbawa oleh gas dipisahkan.
  4. Gas mengalir menuju pre-Wash Colomn (V-0101) untuk dikontakan dengan air dengan tujuan untuk menghilangkan kandungan klorida dan merkuri dari feed gas.
  5. Selanjutnya gas dilewatkan ke Filter Separator (F-0101 A/B) dan Filter coalesce (F-0102 A/B) untuk menghilangkan partikulat padat atau tetesan cairan yang masih tersisa sebelum dikirim menuju ke AGRU.
  6. HP test Separator memiliki tipe bejana yang sama dengan HP Separator. HP test Separator dirancang untuk dapat mengetes feed gas kapasitas 24 mmscfd, 2500 BWPD air terproduksi, dan 230 BOPD kondensat. Kondensat dari HP Separator, HP test Separator, HP Scrubber, pre Wash Colomn, Filter Separator dan Filter coalesce dialirkan ke LP Separator (D-0104) untuk pemisahan akhir Antara gas, kondensat dan air terporduksi.
  7. Gas keluaran LP Separator dikirim ke TO (PE-0401) sementara kondensat dikirim ke Condensate Handling Unit (CHU) dan air terproduksi dikirim ke produce Water treatmen Unit. Produce Water treatment Unit juga menampung air terproduksi yang terpisah di dalam HP Separator, HP test Separator dan pre Wash Colomn.
berikut PFD Manifold dan gas Separator Unit
 
 

Copyright © 2009 by Catatan Kerja Oil worker

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger