Senin, 31 Oktober 2016

Acid Gas Removal Unit (AGRU)

Juga dikenal sebagai gas sweetening dan Amine Gas Treating, mengacu pada suatu proses yang menggunakan larutan dari berbagai alkilAminea (sering disebut hanya sebagai Amine) untuk menghilangkan hidrogen sulfida ( H2S ) dan karbon dioksida (CO2) dari gas alam. Ada beberapa jenis senyawa Aminea yang digunakan dalam Gas Treating yaitu:
  • MonoetanolAmine (MEA)
  • DietanolAmine (DEA)
  • MethyldiethanolAmine (MDEA) รจ yang digunakan di CPP Gundih
  • DiisopropilAmine (DIPA)
Amineoethoxyethanol (DiglycolAmine) (DGA)

Dalam Unit AGRU terdapat bagian utama yaitu :
  • Absorber Tower
  • Amine stripping
  • Flash Drum/Separator 
  • Amine regeneration
Cara kerja AGRU adalah sebagai berikut :
  1. 1      Amine Guards Formulated Solvent (AGFS) dengan UOP sebagai linsensor digunakan untuk proses pemisahan acid gas. Feed gas yang masuk melalui dasar Absorber Colomn (V-0201) dan kontak dengan Lean solvent dingin yang masuk dari puncak kolom.
    2.      Kandungan CO2  dan H2S (gas asam) di dalam feed gas diserap dari fasa gas menuju fasa cair di sepanjang Absorber Colomn (V-0201).
    3.      Sweet gas dari Absorber mengalir menuju Treated Gas Cooler ( E-0205) sebelum masuk ke Product Gas Wash Drum (D-0202), dimana sweet gas dikontakkan dengan air untuk memperoleh kembali solvent yang mungkin terbawa dan meminimalisir amine yang hilang.
    4.      Selanjutnya, sweet gas dikirim menuju Caustic Treater Unit (CTU)
    5.      Aliran Solvent dari Absorber Colomn (V-0201) disebut Rich Solvent dan dikirim ke Solvent Acid Gas HP Flash Drum ( D-0203) untuk memisahkan hidrokarbon yang terbawa rich Solvent yang ikut diserap bersamaan dengan gas asam.
    6.      Solvent Acid Gas HP Flash Drum dilengkapi dengan Rich Solution Flash Colomn (V-0203). Di dalam rich solution flash colomn, gas dikontakkan dengan lean amine untuk menangkap kandungan asam sehingga gas buangan layak untuk dialirkan menuju Thermal Oxidizer (TOx)
    7.      Rich Solvent dari HP Flash Drum dialirkan menuju lean/rich solvent Exchanger (#-0202 A/B), dimana temperature rich solven ditingkatkan melalui penukaran panas dengan lean solvent yang berasal dari dasar Regenerator Colomn (V-0202).
    8.      Rich Solvent yang keluar dari lean/rich Solven exchanger dilairkan ke Regenerator Clomn. Di dalam regenerator, rich solvent diregenerasi dengan menggunakan pemanasan di Solvent regenerator (E-0204 A/B). Reboiler ini menggunakan hot oil sebagai media pemanas.
    9.      Gas keluaran regenerator, yang terdiri dari sebagian air, CO2 dan H2S, dikondensasikan ditampung di dalam Overhead Accumulator Reflux Drum (D-0204) dan kolom regenerator sebagai reflux.
    10.  Gas asam dikeluarkan dikirim ke BSRU.
    11.  Lean Solven dari dasar kolom regenerator dialirkan  menujulean/rich solvent exchanger melalui Solvent Booster Pumps (P-0202 A/B). seperti pada lean/rich exchanger, lean solvent didiniginkan lebih lanjut di Lean Solvent Cooler (E-0201).
    12.  Sebagian aliran lean solvent keluaran Lean Solvent Cooler (E-0201) diambil dan difilter melalui Solvent Mechanical Filter (F-0201), Solvent Activated Carbon Filter (F-0202) dan solvent carbon after-filter (F-0203).
    13.  Lean Solvent yang telah difilter dikembalikan ke aliran keluaran dari control valve 02-FV-0215.
    Lean solvent dipompa kembali ke puncak absorber colomn menggunakan Solvent Charge Pumps (P-0201 A/B/C) dan Rich Solution Flash Drum. 
     
Berikut PFD Acid Gas Removal Unit  (AGRU)
 
 

Copyright © 2009 by Catatan Kerja Oil worker

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger